Sabtu, 04 Maret 2023

Apa itu ChatGPT?

 

Pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan tentang ChatGPT yang sedang trending di jagat raya kususnya para creator.

Apa itu ChatGPT?

Chat GPT ( terkadang ditulis sebagai ChatGPT ) adalah antarmuka pengguna gratis yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan AI. Ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan AI dalam percakapan terbuka melalui prompt obrolan. Teknologi tersebut dikembangkan oleh Open AI, yang merupakan perusahaan nirlaba Open Source.

Apa kepanjangan GPT di ChatGPT?

GPT adalah singkatan dari "Generative Pre-trained Transformer".

Berikut ulasan ChatGPT

ChatGPT adalah model bahasa besar yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini dilatih untuk menghasilkan teks seperti manusia dan dapat digunakan untuk berbagai tugas pemrosesan bahasa alami seperti terjemahan bahasa, peringkasan teks, dan menjawab pertanyaan. ChatGPT didasarkan pada GPT (Generative Pre-trained Transformer) dan disesuaikan dengan data percakapan untuk membuatnya lebih mahir dalam menghasilkan teks dalam konteks percakapan.

Apa Yang bisa kita Lakukan Dengan ChatGPT?

Dengan ChatGPT kita dapat melakukan banyak aktivitas yang melibatkan pemrosesan bahasa alami, diantara kegunaan paling umum ialah:

  • Pembuatan teks: ChatGPT dapat membuat teks yang tampak seperti manusia dalam berbagai pengaturan, seperti saat menulis artikel, novel, atau puisi.
  • Menyelesaikan kalimat atau paragraf berdasarkan teks di sekitarnya.
  • Menghasilkan dialog dengan menghasilkan jawabannya.
  • Terjemahan Bahasa: Dengan sedikit penyesuaian, ChatGPT dapat menghasilkan terjemahan antara beberapa bahasa.
  • Menyingkat artikel dan makalah yang panjang menjadi potongan teks yang dapat dikelola.
  • Jawaban: Dapat digunakan untuk menghasilkan balasan atas pertanyaan, kinerjanya pun dapat ditingkatkan dengan menyempurnakannya menggunakan data tertentu.
  • Chatbot: Dapat menghasilkan tanggapan yang menyerupai orang sungguhan dalam menanggapi input penggunanya.
  • analisis sentiment: dapat digunakan untuk mengkategorikan teks sebagai positif, netral, atau negatif.

Beberapa kegunaan ChatGPT

Berikut ini adalah daftar permintaan berguna dan kreatif yang menunjukkan apa yang dapat dilakukan dengan Chat GPT. Menyalin, mereplikasi, atau menggunakannya sebagai inspirasi untuk desain dengan lebih cepat.

1.      Buat halaman html sederhana

2.      Buat kalkulator tong html

3.      Buat hitungan mundur javascript hingga 31 Desember 2023

4.      Buat kalkulator hipotek PHP

5.      Buat fungsi di C++

6.      Memperbaiki kode

7.      Memperbaiki judul

8.      Tulis slogan untuk perusahaan.

9.      Tulis surat

10.   Buat kontrak kerja

11.   Mengembangkan channel YouTube.

12.   Menulis cerita pendek.

13.   Menulis pidato.

14.   Menulis pesan email.

15.   Mempromosikan iklan atau bisnis

16.   Membuat skrip video YouTube.

17.   Ajari saya cara menggunakan Photoshop

18.   Sekarang ajari saya cara membuat buram gerakan

19.   Membuat ekstensi Chrome untuk mencetak halaman ke PDF

20.   Menulis lamaran kerja ke Open AI


Apa Keterbatasan AI Saat Ini?

Karena ChatGPT ini hanyalah sebuah mesin tentu kepintarannya tidak bisa seperti manusia yang mempunyai akal sehat secara komplit.

  • Kurangnya akal sehat: ChatGPT tidak memiliki akal sehat yang diterima begitu saja oleh orang-orang karena hanya mendasarkan persepsinya tentang dunia pada fakta yang diprogramnya.
  • Kurangnya konteks: ChatGPT mungkin kesulitan memahami konteks, yang dapat menyebabkan kesalahan dalam menafsirkan atau memberikan jawaban terhadap suatu pernyataan.
  • Kurangnya pemahaman: Karena ChatGPT didasarkan pada pola dan hubungan yang ditemukannya dari data pelatihan, ChatGPT tidak dapat memahami atau menginterpretasikan makna teks dengan cara yang sama seperti yang dapat dilakukan orang.
  • Membutuhkan banyak data dan daya komputasi untuk dijalankan: ChatGPT adalah model besar yang membutuhkan banyak data dan daya komputasi untuk melatih, mengoptimalkan, dan mengeksekusi.
  • Masalah keamanan: Jika ChatGPT tidak dikalibrasi dan diawasi dengan benar, ini dapat menghasilkan teks yang menghina, bias, atau berbahaya.

Terlepas dari kekurangan ini, ChatGPT masih merupakan alat yang efektif untuk pekerjaan yang melibatkan pemrosesan bahasa alami, tetapi sangat penting untuk menyadarinya dan mempertimbangkannya saat menerapkan model.

Melanggar peraturan

Seperti yang Anda harapkan, ada hal-hal tertentu yang tidak boleh dilakukan pengguna saat menggunakan AI. Ini termasuk:

  • Konten ilegal atau berbahaya: Tidak diizinkan untuk membuat atau mempromosikan konten apa pun yang melanggar hukum atau berbahaya, termasuk konten yang mendorong kekerasan, diskriminasi, atau ujaran kebencian.
  • Pelanggaran privasi: Tidak diizinkan menggunakan ChatGPT untuk mengumpulkan atau mengungkapkan informasi pribadi tanpa persetujuan.
  • Menyamar sebagai orang lain atau mengirim spam tidak diizinkan saat menggunakan ChatGPT.
  • Keliru: Dilarang menggunakan ChatGPT untuk melebih-lebihkan atau memalsukan informasi.
  • Penyalahgunaan model: Dilarang menggunakan ChatGPT untuk tujuan yang tidak dirancang untuk itu, seperti membuat ulasan atau mengontrol individu.

Penting untuk menggunakan model bahasa seperti ChatGPT dengan bijaksana, sesuai dengan aturan dan regulasi, dan dengan cara yang menghormati hak orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tips Memotivasi Diri untuk Sukses

  *5 Tips Memotivasi Diri untuk Sukses* **Pengantar:** Kesuksesan adalah impian setiap orang, tetapi seringkali kita merasa sulit untuk me...