Sabtu, 04 Maret 2023

Apa itu Virus komputer?

Virus akan berfungsi sebagai elemen yang akan merusak sistem isi hard disk atau mengganggu operasional normal eksekusi sistem komputer. Ini akan menyebabkan komputer menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik sampai virus dihilangkan dan keseluruhan sistem dirombak dan di-reboot.

Program virus biasanya dapat mereplikasi dirinya sendiri dan ini juga merupakan masalah tambahan setelah virus menempel pada sistem. Secara progresif keluar dari kontrol, virus akan mencoba untuk menyebabkan banyak kerusakan mungkin sebelum dapat dideteksi dan dihilangkan. Replikasi adalah biasanya disengaja dan dirancang untuk bertindak seperti Trojan, sehingga menyebabkan pengguna yang tidak menaruh curiga tertangkap basah. Jika file yang berisi virus dibuka, atau disalin ke komputer lain, lalu ke komputer lain komputer juga akan terinfeksi dan proses ini berulang setiap waktu file dibuka dan diunduh ke sistem lain.

Virus dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam sistem komputer bersama dengan program perangkat lunak apa pun dan ini adalah berita buruk bagi pengguna FTP atau disebut sebagai protokol transfer file. Virus juga bisa menjadi masalah ketika ada referensi dilakukan dan email lampiran sedang digunakan. Saat virus masuk ke komputer sistem, ia dapat menempel pada, atau bahkan mengganti program yang ada. Hal ini tentu saja tidak baik bagi pengguna yang pada akhirnya akan membuka lampiran atau file dan menyebabkan virus menjadi aktif.

Bagaimana Virus Menyebar?

Adanya virus yang melepaskan diri di dalam sistem komputer dapat menjadi mimpi buruk bagi pengguna, karena hal ini paling sering dilakukan secara tidak sengaja tetapi dengan efek yang tidak kalah merugikan. Tidak ada cara nyata untuk mendeteksi bagaimana virus benar-benar menyerang dan menyebar tetapi banyak upaya dilakukan untuk bagaimana caranya memastikan kerusakan yang dilakukan seminimal mungkin.

Berikut ini adalah beberapa cara yang lebih sering dilakukan oleh virus menyebar dari sistem komputer ke sistem lain secara efektif hingga terdeteksi hampir terlambat untuk menyelamatkan materi yang terinfeksi:

  1. Lampiran email sejauh ini merupakan cara paling populer dari virus menemukan jalan mereka ke dalam sistem komputer pengguna. Ketika Microsoft Outlook Express secara otomatis membuka lampiran email yang diterima, virus secara otomatis dilepaskan pada sistem. Namun, kebanyakan pengguna sekarang cenderung menghindari membuka lampiran yang tidak mereka kenal dengan dan sebagai gantinya terpaksa segera menghapusnya untuk memastikan virus tidak mendapatkan akses ke sistem.
  2. Situs web nakal adalah area masalah lain untuk dilepaskan virus. Terkadang virus dimasukkan ke dalam sistem secara sederhana mengunjungi situs web tanpa mengetahui kemungkinan adanya virus tertanam dalam konten situs. Jadi ketika situs tersebut diunduh, begitu akan menjadi virus juga.
  3. Jaringan juga merupakan cara populer lainnya yang dapat diperoleh virus beberapa momentum, karena setiap pengguna di server yang sama membuka situs di mana ada virus akan melepaskan virus ke sistem pengguna lain juga. Biasanya hanya dibutuhkan satu pihak untuk secara tidak sengaja membuka situs yang terinfeksi dan semua pengguna lain di jaringan akan terkena virus menginfeksi sistem mereka juga.
  4. Disk yang terinfeksi terkadang menjadi penyebab penyebaran virus, sebagai pengguna dari disk yang terinfeksi adalah sumber dari hard drive tersebut terinfeksi dan dengan demikian merusak semua materi di hard drive itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tips Memotivasi Diri untuk Sukses

  *5 Tips Memotivasi Diri untuk Sukses* **Pengantar:** Kesuksesan adalah impian setiap orang, tetapi seringkali kita merasa sulit untuk me...